Saturday, March 26, 2011

Gamelan Salah Satu Peserta Edinburgh International Festival 2011

gamelan merupakan warisan budaya yang wajib kita jaga dan lestarikan karena gamelan merupakan salah satu kekayaan budaya indonesia yang sangat kental dengan nuangsa jawa , dari update terkini mengenai gamelan adalah masuknya gamelan dalam salah satu festival musik international yaitu "Edinburgh International Festival 2011" pada bulan Agustus hingga September 2011. pada festival ini gamelan yang akan tampil yaitu gamelan Yogyakarta Kridha Mardhawa.

Edinburgh International Festival merupakan eksplorasi dan perayaan budaya yang dinamis dan beragam dari Asia dan pengaruh berdiri panjang di lanskap budaya barat, ujar Direktur Festival Edinburgh Internasional, Jonathan Mills

Menurut Jonathan Mills, kehadiran seniman dari Kraton Yogyakarta merupakan yang pertama kalinya seniman Indonesia tampil dalam festival budaya yang sudah berlangsung puluhan tahun.

Dalam festival yang digelar di Kota Edinburg ini tampil seniman musik klasik dan kontemporer, tari, teater , opera dan seni visual dari berbagai Negara seperti dari China, India, Indonesia, Jepang, Korea dan Vietnam, serta Amerika Utara, Jerman, Belgia, Rusia, Inggris dan seluruh dunia berkumpul di Edinburgh selama tiga minggu.

hal di atas membuktikan bahwa budaya gamelan tidak hanya diminati atau dikenal oleh orang indonesia namun juga mancanegara .

0 comments:

Post a Comment