Saturday, April 9, 2011

Peninggalan Budaya : Mesin Ketik Huruf Jawa

Dunia Pewayangan- Peninggalan budaya Indonesia sangat banyak sekali selain Wayang Beber , wayang golek dan lain - lain. Ternyata di zaman dahulu sudah ada mesin Tik , dan lebih uniknya mesin Tik ini di fasilitasi huruf jawa, Mesin Tik Carakan jawa merupakan salah satu koleksi di Museum Radya Pustaka yang dahulunya di pakai Gusti Hadiwijaya pada 1926-969 untuk menulis surat-surat resmi dari Paheman Radya Pustaka.

Dilihat dari komponennya, mesin ketik yang masih bisa digunakan ini berbeda dari mesin ketik kebanyakan. Jumlah tuts mesin ketik ini sebanyak 32 buah yang disusun dalam tiga deret. Sebanyak 20 buah berupa huruf dasar atau carakan Jawa asli diletakkan di deret pertama dan kedua.

Sisanya berupa huruf sandangan yang menyesuaikan fonetik (bagian ilmu dalam linguistik yang mempelajari bunyi yang diproduksi oleh manusia) maupun fonologi ( ilmu yang berdasarkan fonetik ) bahasa Jawa diletakkan di deret ketiga.

Mesin ketik Carakan Jawa ini merupakan salah satu peninggalan budaya yang harus di jaga dan di lestarikan yang menggambarkan perkembangan teknologi di zaman dahulu.

0 comments:

Post a Comment